Sabtu, 30 Mei 2015

MEMBANGUN UKHUWAH DENGAN DAKWAH #Aryadi

Dakwah adalah sesuatu yang mungkin terlihat rumit pada awalnya akan tetapi dibalik dakwah terdapat banyak amalan dan manfaat didalamnya. Karena setiap langkah kita dalam dakwah tiada yang merupakan suatu kesia-siaan dalam mengamalkannya. Allah sangat mencintai hambanya yang taat dan Allah akan membantu meneguhkan hambanya yang menolong agama Allah.  Hal itu pun akhirnya dapat menjadikan kita seorang pendakwah yang kuat. Selain itu dakwah juga tidak monoton hanya terpaku pada ceramah dan tausyiah. Melainkan kita juga dapat berdakwah melalui pergaulan bahkan dalam pembicaraan antar teman pun kita bisa menyelipkan dakwah di dalamnya.
Dakwah adalah sesuatu yang indah dan sangat menyenangkan. Karena dakwahlah dapat terjalinnya ukhuwah Islamiyah dan karena dakwahlah kita mengerti arti kehidupan sesungguhnya dan arti kehidupan dalam Islam. Dakwah membuat hati tentram karena dakwah memberikan rasa indahnya berbagi ilmu dan merasakan indahnya menjalin ukhuwah Islamiyah. Cinta dakwah adalah suatu konsep pemikiran yang harus kita tanamkan dalam diri kita. Dakwah membentuk pribadi yang pengertian, penyayang, penyabar, membentuk sosok pemimpin dalam diri kita. Abu A’la Al-Maududi dalam bukunya The Prophet of Islam, mengatakan ”he is the only one example”, Rasulullah SAW. merupakan contoh yang paling lengkap, dalam dirinya terdapat kebesaran dan kemuliaan sifat manusia. Kebesaran dan kemuliaan dari sifat manusia adalah dirinya yang tak hanya mementingkan kepentingan diri dan keluarganya tetapi juga menjalankan amanah sebagai Rasul yang mengemban beban untuk memimpin seluruh umat dan menjadikan segala hal yang tidak benar menjadi benar, pada akhirnya mampu merubah masyarakat biadab menjadi beradab,yang dulunya berseteru menjadi satu, yang dulunya menyembah berhala kini kembali menyembah Allah SWT.
Walaupun kita tak bisa sehebat Rasulullah dalam berdakwah, tetapi alangkah baiknya apabila sebagai umatnya kita dapat melanjutkan perjuangan beliau dalam mempertahan ukhuwah di peradaban membangun keimanan yang lebih mendalam dan menjatuh hati dalam keIslaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar