Sabtu, 30 Mei 2015

Berdakwah dengan Hati yang Iklhas dan Mengharap Ridho Allah SWT #SitiRomunah

Dakwah ialah kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan garis aqidah, syari’at dan akhlak Islam. Tujuan utama dari dakwah adalah mewujudkan kebahagiaan dan kesejahteraan hidup di dunia dan di akhirat yang diridhai oleh Allah. Rasulullah SAW mencontohkan dakwah kepada umatnya dengan berbagai cara melalui lisan, tulisan dan perbuatan. Dimulai dari istrinya, keluarganya, dan teman-teman karibnya hingga raja-raja yang berkuasa pada saat itu.
Dalam berdakwah yang terpenting adalah niat kita karena Allah SWT.  Karena jika kita niatkan karena mengharap ridha Allah SWT, insyaallah pahala yang akan kita dapatkan kelak.
Seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW diatas, untuk permulaan kita mulai dari lingkungan keluarga dan dilanjutkan ke oranglain. Sebelum kita mengajak oranglain kepada kebaikan, sebaiknya kita perbaiki dulu akhlak dan aqidah kita. Karena dari perbuatan saja kita bisa bedakwah. Seperti berbuat baik, jika kita melakukannya lalu diikuti oleh oranglain maka pahala yang kita dapatkan. Berdakwah itu bisa dimana saja dan kapan saja.berdakwah bukan hanya ceramah.  Kita mengajak teman untuk shalat  saja sudah dianggap dakwah. Karena kita mengajak pada kebaikan.
Dari Abdullah bin Amr r.a , bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya “sampaikanlah dariku walau hanya satu ayat ” (HR. Bukhari) . jadi sampaikanlah kebaikan walau hanya satu ayat. Karena jika kita ikhlas mengingatkan atau menyampaikannya pahala yang akan kita dapatkan.
Perbaiki akhlak, selalu ingat Allah SWT agar kita selalu berbuat baik di dunia yang fana ini. Kumpulkan bekal sebanyak-banyaknya untuk kehidupan yang lebih kekal yaitu di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar